Wisata Blitar, Wisata Mini di Jawa Timur

Blitar Kabupaten paling mini ke-2 di provinsi Jawi Wetan ini miliki prinsip “Kridho Hangudi Jaya” (bekerja keras untuk meraih yang mulia) dan motto “Blitar Kota Patria”. Hal ini tentu saja segaris bersama sektor wisatanya. Belakangan, Pemkab Blitar kian menambah sektor wisata sebagai senjata utama untuk ekonomi daerah.

Walaupun terkesan ‘dilupakan’ oleh para pelancong yang kebanyakan mampir ke daerah lain di Jawa Timur, ternyata Blitar miliki destinasi wisata yang sungguh dan terlampau rekomended. Berikut, Ngadem.com rangkum 10 daerah wisata hits di Blitar yang sungguh instagramable!

1. Kedung Entong

Image Source: bp.blogspot.com

 

Nah, destinasi wisata alam ini terbilang baru di Blitar. Tempatnya senantiasa terlampau sepi dan jarang sekali ada wisatawan luar daerah yang datang. Memang letaknya yang terbilang memadai tersembunyi menjadikan Kedung Entong daerah yang pas untuk menghalau penat. Lokasinya berada di Desa Pulerejo, Kecamata Bakung, Blitar. Untuk meraih daerah ini anda dapat lewat rute Blitar – Kademangan – Suruhwadang – Maron dan Pulerejo. Setelah hingga di Desa Pulerejo, anda dapat tanya warga setempat di mana letak Kedung Entong.

2. Asiknya ngadem di Pantai Umbul Waru

Bukan hanya Malang, Pacitan dan Jogja yang miliki pantai bersama air terjun. Blitar pun ada. Terletak di Desa Sidomulyo, Kecamatan Bakung, Blitar. Pantai ini bernama Pantai Umbul Waru dan dapat dibilang salah satu pantai yang memadai sempit dibandingkan pantai lain di Blitar. Di daerah ini anda dapat ngadem sambil melihat ombak dan burung-burung yang saling berkejaran. Karena arus ombaknya yang terbilang besar, jangan berenang ya… memadai di pinggirannya saja. Kamu senantiasa dapat kok nikmati alam raya Blitar dari tebing-tebing cantik di Pantai Umbul Waru.

3. Menilik jejak-jejak sejarah masa lampau Kota Blitar di Candi Penataran

Candi yang dipercaya bernama Candi Palah ini merupakan kompleks candi berlatar belakang Hindu yang sudah ada sejak kerajaan Kediri. Terletak di Desa Panataran, Kecamatan Nglegok, Blitar. Di daerah ini anda dapat melihat jejak-jejak sejarah masa lampau Kota Blitar yang ikonik. Posisinya yang berada di lereng barat daya Gunung Kelud bakal beri tambahan sensasi tersendiri selagi anda mengujungi Candi Panataran. Kian waktu, banyak anak muda di Blitar yang mengujungi daerah ini. Mereka tidak semuanya mewajibkan diri hanya sekedar lari ke pantai dan tembus di gunung. Jadi, sesekali, coba kunjungi wisata sejarah di Blitar yang tentu saja oke punya.

4. Lihat Ikan Dewa di Beningnya air Rambut Monte

Destinasi wisata alam Blitar ini terdapat di Desa Krisik, Kecamatan Gandusari. Jaraknya kurang lebih 30 km dari kota Blitar. Di sini anda bakal disuguhkan pemandangan hijau dari perkebunan teh dan ladang persawahan warga setemmpat. Yang menarik dari daerah ini adalah; ada sebuah telaga, candi, dan petilasan yang sungguh tidak serupa dari daerah wisata lain di Jawa Timur. Kamu dapat ngadem di sini, duduk bersantai sambil nikmati desir angin yang bakal mengugurkan penatmu. Oh ya, meski airnya yang bening itu, anda tidak diperbolehkan untuk berenang, loh. Kok? Sebab di dalam telaga itu ada ikan, yang penduduk setempat menyebutnya Ikan Dewa.

5. Mandi hingga suka di Air Terjun Grenjeng

Yang dinamakan Air Terjun Grenjeng ini berada di kawasan Desa Balerejo, Kecamatan Panggungrejo, Blitar. Karena lokasinya yang memadai tersembunyi, air terjun Granjeng senantiasa jarang dikunjungi. Di daerah ini anda bakal disuguhan pemandangan alam khas Blitar yang sungguh menawan. Kamu termasuk dapat berenang dan mandi di bawah grujugan air terjunnya. Untuk meraih titik lokasi, dari Pasar Binangun anda dapat langsung ke arah Panggung Rejo. Setelah itu, ikuti jalan hingga bertemu pertigan, jikalau belok kanan ke Panggung Rejo, jikalau lurus senantiasa ke arah Lodoyo. Nah, anda ambil yang kanan. Ikuti jalan hingga bertemu Desa Balerejo. Dari sini, lurus senantiasa hingga bertemu perempatan. Belok kanan yang nantinya anda bakal lihat panduan jalan ke Air Terjun Grenjeng.

6. Nyantai asik di Curug Moncar

Destinasi wisata alam Blitar ini terdapat di Desa Bakung, Kecamatan Bakung, Blitar. Namanya sebetulnya senantiasa belum populer di Jawa Timur, namun keindahannya sungguh tak dapat diragukan. Akses jalannya terbilang gampang gara-gara sudah beraspal. Di daerah ini anda dapat ngadem sambil foto-foto bersama pacar atau teman sejati. Yang menyebabkan ketagihan adalah; di Curug Moncar anda bakal menemui hewan endemik Dekapoda (kepiting kecil) dan kumpulan ikan pemanjat yang bersembunyi di bawah bebatuan. Ikan ini terbilang unik, gara-gara dapat hidup di daratan untuk meraih perjalanan menit. Sayangnya, Curug Moncar senantiasa belum dapat perhatian Pemkab Blitar sebagai destinasi wisata.

7. Nuansa Blitar di Air Terjun Tirto Galuh

Air terjun yang miliki pesona menawan ini oleh penduduk Blitar lebih dikenal bersama nama Kedung Malang. Letaknya berada di Desa Sidomulyo, Kecamatan Bakung, Blitar. Lokasinya tak terlampau jauh dari Monumen Trisula Blitar. Di sini anda bakal melihat pemandangan alam yang senantiasa terlampau asri. Alamnya yang sejuk, udaranya yang fresh dan kicau burung yang merdu bakal membuatmu betah berlama-lama di sini. Kian hari, Air Terjun Tirto Galuh kian ramai dikunjungi wisatawan dari luar Kota Blitar.

Leave a Reply