Tugu Pahlawan Surabaya Tempat Wisata Yang Dapat Menumbuhkan Rasa Nasionalisme

okezone.com
Tugu Pahlawan Surabaya

Arek-arek Suroboyo pastine uwes rene donk? Nah Tugu Pahlawan dan Museum Sepuluh Nopember ini adalah tempat untuk mengenang perjuangan arek-arek suroboyo!

Kalo lagi tersedia di Kota Pahlawan, rasanya belum afdol terkecuali belum berwisata sejarah ya? Minggu kemarin, aku sempat jalan-jalan ke keliru satu landmark yang paling tenar di Surabaya, yaitu Tugu Pahlawan. Tugu Pahlawan berada di kawasan “Kota Lama”, lebih tepatnya di tengah-tengah pada Jalan Pahlawan, Jalan Bubutan, Jalan Tembaan dan Jalan Kebon Rojo. Tugu ini berada di depan kantor Gubernur Jawa Timur.

Nggak ada problem kok bikin nemuin tugu ini karena banyak sekali transportasi umum menuju kesini. Kalo aku kemarin sih kesini tepat jalan-jalan naik bus wisata yang tersedia di Surabaya. Atau kalian termasuk mampu kesini manfaatkan kendaraan privat dan cari lokasinya di Google Maps.

Apa yang Bisa Dilakukan di Tugu Pahlawan Surabaya?

Tugu Pahlawan merupakan pilihan yang tepat untuk berwisata sejarah dan mengenang perjuangan pahlawan Indonesia. Monumen ini memiliki tinggi kurang lebih 41,15 meter dan berupa lingga atau paku terbalik. Tubuh monumen ini berupa lengkungan dan terkandung 10 lengkungan yang terbagi atas 11 ruas. Tinggi, ruas dan lengkungan tersebut punya kandungan makna tanggal 10 bulan 11 th. 1945.

Tanggal 10-11-1945 dikenal sebagai hari pahlawan dan tugu ini dibangun untuk memperingati peristiwa Pertempuran November 1945 di Surabaya dimana arek-arek Suroboyo berjuang melawan pasukan Sekutu bersama dengan Belanda yang hendak menjajah lagi Indonesia. Monumen ini pun jadi pusat perhatian setiap tanggal 10 November untuk mengenang peristiwa terhadap th. 1945 kala banyak pahlawan yang gugur didalam perang kemerdekaan.

Tugu ini biasa dijadikan spot untuk berfoto bersama dengan karena bangunannya yang sangat indah dan instagramable. Banyak sekali pengunjung yang mengabadikan peristiwa disini.

Berkunjung ke Museum Sepuluh November

Next, setelah senang berfoto di depan monumen ini, aku melanjutkan perjalanan menuju Museum 10 Nopember yang tersedia di didalam komplek Monumen ini. Oh iya, untuk masuk ke didalam museum ini dikenakan ongkos sebesar Rp 5000 per orang. Tapi terkecuali kalian pelajar atau mahasiswa dan bawa kartu pelajar atau kartu tanda mahasiswa, kalian mampu masuk secara gratis.

Sama seperti Tugu Pahlawan, monumen ini didirikan sebagai bentuk kenangan atas keberanian arek-arek Suroboyo terhadap pertempuran tanggal 10 Nopember 1945. Museum ini baru diresmikan terhadap th. 2000 dan cukup tenar sebagai keliru satu objek wisata sejarah di Surabaya.

Museum 10 Nopember ini memiliki 2 lantai. Pameran 10 patung yang melambangkan bentuk motivasi perjuangan rakyat Surabaya dan orasi Bung Tomo serta sebuah area auditorium berada di lantai 1. Sedangkan lantai 2 merupakan area pameran senjata, reproduksi foto-foto dokumenter dan pameran koleksi peninggalan Bung Tomo. Selain itu termasuk tersedia area diorama yang menyajikan delapan peristiwa yang berlangsung kurang lebih 10 Nopember 1945 bersama dengan narasinya.

Di didalam museum ini terkandung beberapa benda peninggalan Bung Tomo serta rekaman asli pidato Bung Tomo yang sangat bersemangat memunculkan gelora dan keinginan rakyat dapat kemerdekaan mampu didengarkan dari sebuah radio kuno. Beberapa diorama statis melukiskan aksi kepahlawanan arek-arek Suroboyo melawan pasukan sekutu dan Belanda hanya bersama dengan bambu runcing dan senapan rampasan mampu melawan sekutu mampu dinikmati di lantai 2 museum.

Yang bikin aku betah tersedia di museum ini tuh karena interiornya yang cantik. Nggak hanya itu, eksteriornya termasuk nggak kalah cantik dan unik. Bangunan museum ini ada bersama dengan atap berundak. Bagian depannya, terkandung patung yang melukiskan tiga pemuda bersama dengan senjata bambu runcing berjuang melawan penjajah. Uniknya lagi, museum ini tersedia di bawah tanah lahan Tugu Pahlawan, lho.

Museum ini membuka setiap hari Selasa – Jumat jadi pukul 08.00 – 14.30 dan Sabtu – Minggu pukul 08.00 – 13.30 dan tutup terhadap hari Senin dan hari libur nasional. So, tertarik bikin berwisata sejarah di Surabaya? Kunjungi aja Tugu Pahlawan dan Monumen 10 November. Dijamin dapat memunculkan rasa nasionalis kamu!