Setiap Orang Punya Rasa Malas, Begini Cara Mengatasinya

Setiap manusia punya rasa malas. Tetapi ukurannya yang tak sama. Rasa malas memang begitu sulit diatasi jika tidak dengan tekat dari dalam diri yang kuat.

Malas adalah salah satu sifat yang dapat menghambat keberhasilan. Nah, buat anda yang merasa selalu malas-malasan dalam aktivitas, ada baiknya terapkan tips ini.

1. Hadiahi diri sendiri

Bila semua target anda bisa terlaksana jangan lupa untuk memberikan kado untuk diri anda sendiri Tak harus hadiah yang mewah, hadiah kecil– kecilan saja sudah cukup. Karena dengan menghadiahi diri anda sendiri maka secara psikologis bisa menjadikan diri anda memerangi rasa malas yang ada dalam tubuh anda.

2. Memotivasi diri sendiri.

Upayakan untuk menyemangati diri anda sendiri, hujamkan pada diri anda bahwa anda bukan manusia yang malas dan sifat malas itu bisa menghancurkan banyak potensi yang ada pada diri anda. Dengan melakukan motivasi ini maka tubuh anda akan secara spontan akan memberikan perlawanan apabila anda ingin melakukan hal yang tidak produktif.

3. Buat target

Buatlah target sesuai kapasitas anda. Dengan membuat target anda tentu akan bekerja keras mewujudkan target tersebut. Camkan pada diri anda bahwa anda pasti dapat mencapai target yang anda bikin. Dengan begitu anda akan merasa lebih giat dalam menyelesaikan suatu aktivitas.

4. Olahraga dan gaya hidup sehat

Malas juga dikarenakan kurangnya nutrisi dalam tubuh. Bila nutrisi tak cukup pasti anda akan merasa bahwa tubuh anda lemas dan akan malas mengerjakan apa saja. Cara mengatasi hal itu adalah dengan cara berolah raga dan pola hidup sehat. Dengan begitu tubuh anda akan senantiasa terasa bugar dan bersemangat dalam melakukan suatu hal ataupun pekerjaan.

5. Jangan sekali-kali menunda

Jangan coba menunda suatu aktifitas. Cobalah untuk melakukannya detik ini juga. Menunda sesungguhnya malah akan menambah tanggungan anda menjadi lebih banyaki. Usahakan untuk segera mengerjakan joblist ataupun sesuatu yang kecil sekalipun. Jika anda telah terbiasa mengerjakan suatu pekerjaan secara langsung atau dengan istilah lain tidak menundanya pasti anda dapat terbebas dari rasa malas.

6. Buatlah to do list

Susunlah daftar apa saja yang akan anda kerjakan mulai bangun tidur sampai sebelum tidur. Dengan pembuatan list anda pasti akan berusaha menunaikan sesuatu dengan baik dan cepat agar semua list yang anda buat dapat tercapai semuanya.

7. Jauhi tempat tidur dan sofa

Bila belum jadwalnya istirahat jangan sekali-kali anda mendekati tempat tidur ataupun sofa. Karena jika anda melakukannya biasanya tubuh akan tergoda akan kenikmatan jika anda tiduran di atas kasur ataupun sofa tersebut. Bila sudah seperti itu anda niscaya akan sulit untuk menghindari godaan yang sudah menyelimuti pikiran anda itu.

8. Buat jadwal harian

Berbeda dengan membuat daftar di awal daftar kali ini ialah daftar harian. Jadwal harian ialah jadwal tertentu tentang hal khusus yang perlu anda kerjakan saat hari itu. Anda musti berupaya mengerjakan jadwal yang telah anda bikin itu sampai tuntas.

9. Gaya hidup tertib

Pastikan segala hal yang ada dalam hidup anda sudah anda atur dengan bijak. Hindari tempat ataupun sesuatu yang berada di sekitar anda berantakan. Supaya anda tidak merasa malas ketika melihat keadaan di sekeliling anda.

10. Jangan lakukan sesuatu yang menyenangkan pada pagi hari

Bila anda melakukan sesuatu yang menyenangkan di pagi hari lalu mengerjakan kegiatan berat di siang hari, maka kondisi tubuh anda sudah tak akan mampu mengerjakan kegiatan berat di siang hari dengan sempurna. Sebab kekuatan anda telah banyak terkuras.

Demikianlah Tips menghadapi rasa malas yang bisa Anda gunakan dalam rutinitas sehari-hari. Sekali lagi berubahlah, dan jangan malas untuk berubah. Karena hidup Anda, ialah Anda sendiri yang menanggungnya. Bukan negara, bukan bapak Anda, dan bukan pula pasangan Anda.

Leave a Reply