sejarah perusahaan SAP

3 Produk Pioneer yang Mengiringi Sejarah Perusahaan SAP

Seperti yang sudah diketahui banyak orang bahwa program SAP merupakan suatu program yang digunakan untuk membantu pekerjaan operasional suatu perusahaan agar kegiatan operasional tersebut dapat dilakukan lebih efektif dan efisien seperti pengelolaan keuangan dan lain sebagainya. Program SAP ini tentu dibuat oleh sebuah perusahaan yang konsentrasi dalam bidang pengembangan IT, dengan tujuan mempermudah pekerjaan manusia terutama pekerjaan-pekerjaan rutin seperti yang dilakukan di perusahaan-perusahaan maka lahirlah program SAP ini.

Sejarah perusahaan SAP di dunia rupanya cukup panjang dan belum banyak orang yang tahu, bahkan dalam suatu sesi di kursus SAP pun belum tentu sejarah terkait perusahaan SAP itu akan disampaikan. Memang benar, sejarah dari perusahaan SAP sama sekali tidak ada hubungannya dengan penggunaan program SAP itu sendiri, namun tidak ada salahnya jika anda mengetahui hal tersebut guna memberikan apresiasi terhadap perusahaan yang telah berjasa membuat program SAP itu sehingga beberapa pekerjaan menjadi lebih mudah dilakukan.

3 Produk Rintisan dalam Sejarah Perusahaan SAP

sejarah perusahaan SAP

Sebagai suatu perusahaan yang besar tentu saja perusahaan SAP memiliki sejarah yang panjang, dan di dalam sejarah panjangnya itu terdapat 3 produk rintisan awal perjuangan mereka. ketiga produk yang dimaksud adalah sebagai berikut:

1. SAP R/1

Sekitar tahun 1972 ada lima orang mantan karyawan suatu perusahaan besar di Jerman yang bernama DeitmarHopp, HassoPlattner,Hans Werner Hector, Claus Wellenreuther dan Klaus Tschira merintis sebuah perusahaan baru yang mereka beri nama System, Aplication and Product atau disingkat SAP. 

Visi utama mereka adalah untuk membuat standar baru aplikasi perangkat lunak atau software yang dapat membantu urusan bisnis secara real time. Dalam kurun waktu satu tahun saja mereka akhirnya sukses meluncurkan produk pertama mereka yang berupa software financial accounting serta dilanjutkan dengan pengembangan komponen software lainnya. Program software pertama inilah yang kemudian dikenal dengan nama SAP R/1.

2. SAP R/2

Tidak lama berselang setelah realis program SAP R/1 akhirnya menyusul produk berikutnya yang dikenal dengan nama SAP R/2. Program SAP R/2 sendiri dapat dikatakan melampaui pencapaian yang dilakukan oleh program pendahulunya yakni program R/1 karena software yang satu ini telah sukses mengembangkan perusahaan Max Planck Strasse menjadi 50 memiliki 50 terminal satu atap. Bahkan sekitar 50% dari seluruh perusahaan di Jerman diketahui telah menggunakan program SAP ini saat itu.

3. SAP R/3

sejarah perusahaan SAP

Pada kurun waktu tahun 1992 akhirnya program R/3 dipasarkan oleh SAP. Program R/3 sendiri diberi nama SAP ERP dengan konsep Client Server dimana program tersebut mampu dijalankan dalam multiplatform sehingga dapat digunakan di Microsoft maupun Unix. Pembaruan terhadap program SAP R/3 sendiri masih terus dilakukan sejak pertama diluncurkan guna semakin mempermudah pekerjaan penggunanya sesuai dengan visi utama yang dicanangkan oleh lima orang pendirinya.

Sejarah Perusahaan SAP yang Menginspirasi

sejarah perusahaan SAP

Tidak bisa dipungkiri jika sejarah perusahaan SAP tersebut menjadi inspirasi bagi perusahaan-perusahaan lainnya yang kini sudah menjadi salah satu perusahaan terbesar di dunia. Hal yang jelas menjadi inspirasi adalah semangat perusahaan SAP tersebut untuk membuat suatu program yang dapat memudahkan pekerjaan manusia sehingga menjadi lebih efektif dan efisien. Itulah sebabnya orientasi perusahaan masa kini adalah membuat suatu produk yang bukan hanya berguna dan bermanfaat bagi penggunanya namun juga memiliki nilai lebih di sisi lain baik itu secara sosial, ekonomis dan lain sebagainya.

 

Leave a Reply