rumah adat bangka belitung

3 Jenis Rumah Adat Bangka Belitung

Bangka Belitung merupakan salah satu provinsi yang ada di Pulau Sumatera, Indoenesia. Tempatnya berdekatan dengan Sumatera Selatan. Provinsi ini masuk kedalam 2 pulau besar yaitu Pulau Bangka dan juga Pulau Belitung. Selain itu ada 470 pulau kecil yang menyebar terpisah lainnya,.

Sebagai Provinsi Bangka Belitung, nyatanya tempat indah ini baru saja diresmikan pada 9 Februari 2001.Keunikannya selain tempat yang indah, Bangka juga menjadi tempat penghasil timah terbesar di dunia.

Selain dari hasil tambangnya yang melimpah, budayanya juga sangat kaya termasuk rumah adat yang digunakan untuk tempat tinggal namun juga untuk melestarikan budayanya.

Berikut ini 3 rumah adat khas dari Provinsi Bangka Belitung. Apa saja ?

Rumah Panggung

rumah panggung bangka belitung

Di Sumatera memang di dominansi oleh rumah Panggung yang menjadi rumah utama, begitupun dengan rumah panggung Bangka Belitung. Dengan mewarisi gaya seperti Melayu Awal, Melayu Bubungan Limas dan juga rumah Melayu Bubung Panjang.

Rumah ini banyak digunakan oleh masyarakat Bangka dengan bentuk atau bahan seperti kayu, rotan, bambu dan dedaunan. Serta akar pohon dan alang yang kuat dan juga tahan lama.

Ciri khas lainnya dari Rumah Panggung yaitu bentuk atap yang tinggi dan sedikit miring. Rumah ini juga memiliki jendela yang banyak.

Bagian di dalam rumah terdiri dari rumah induk atau ibu dan juga rumah dapur tempat para wanita dan anak gadisnya memasak dan belajar mengurus rumah. Rumah ini juga anti menggunakan cat sehingga warna alamilah yang digunakan.

Rumah Limas

Rumah Limas memang menjadi rumah adat khas Palembang ataupun Sumatera Selatan. Namun kenyataannya, Rumah Limas juga ada di Bangka Belitung sebagai adopsi dari rumah tradisional asal Sumatra Selatan ini. Hal ini juga pengaruh oleh masyarakat Palembang yang merantau ke Bangka Belitung dan membawa budaya mereka ke sana.

Ciri dari rumah ini sesuai dengan namanya yaitu rumah adat limas, dengan bentuk atap limas dan juga tradisional.Rumah ini memiliki ketinggian lantai yang berbeda yang disebut Bengkilas.

Dulunya rumah limas juga dibedakan berdasarkan strata atau perbedaan status sosial. Namun sekarang sistem tersebut tidak sepenuhnya digunakan karena mengundang pro dan kontra.

Rumah Rakit

rumah adat bangka belitung

Rumah Rakit sesuai dengan namanya yaitu rumah yang berada di atas perairan dengan bentuk seperti rakit. Mengingat Bangka Belitung terbatasi oleh perairan baik sungai maupun lautan maka banyak masyarakat Bangka yang membuat rumah diatas air sebagai tempat tinggal dan tempat bisnis ekonomi.

Seperti halnya rakit, rumah ini berbahan utama bambu khususnya bambu manyan dan bambu ini digunakan untuk pelampung rumah rakit agar tidak tenggelam ketika digunakan oleh pemiliknya.

Kelebihan dari rumah ini adalah dapat bertahan lama untuk ukuran tempat tinggal, meskipun terkena hujan dan panas diatas perairan serta memiliki bentuk yang besar dan cocok untuk tinggal banyak orang, namun sulitnya rumah ini berada di atas perairan dan tentu tidak stabil.

Itulah ketiga rumah adat Bangka Belitung yang digunakan masyarakat untuk berlindung atau tempat untuk berkumpul bersama keluarga.

Namun rumah adat biasanya dibuat bukan hanya untuk mendirikan rumah dan berlindung saja namun filosofi yang tinggi, tujuan pelestarian rumah yang dijunjung oleh sepuh dan juga budaya yang kental menjadi arti dari sebuah rumah adat. Sekarang ini di daratan sudah banyak orang yang menggunakan rumah non adat sebagai tempat tinggal.

Leave a Reply