Pengertian dan Sejarah Aqiqah

Sebuah Ibadah atau amal akan lebih bermakna dan afdhol jika kita mengerti maksud dan hakikat tujuannya. Maka hendaknya tidak bosan-bosan untuk belajar ilmu agama.

Dalam kesempatan ini kami akan membahas mengenai ibadah yang sudah sangat sering dan ladzim dilakukan oleh masyarakat, yaitu aqiqah. Sebenarnya apa itu aqiqah dan bagaimana sejarahnya?

Pengertian Aqiqah

Jika kita merujuk arti kata aqiqah dalam bahasa arab adalah “melubangi atau memutus”. Kemudian secara istilah aqiqah biasa dimaknai dengan kegiatan memotong atau menyembelih kambing sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah Subhanahu Wata’ala yang telah memberikan anugrah berupa lahirnya seorang anak.

Para ulama berbeda pendapat dalam menghukumi aqiqah ini, ada yang sunnah, sunnah muakad dan ada yang mubah saja. Namun kebanyakan muslim di Indonesia mengambil hukum sunnah mu’akad terkait aqiqah ini.

Sejarah Aqiqah

Praktek syukuran atas kelahiran anak dengan penyembelihan hewan ternyata sudah ada sejak jaman jahiliyah. Namun tentu saja pelaksanaannya sangat berbeda dengan apa yang dicontohkan oleh Nabi SAW, dan kita lakukan saat ini.

Kata seseorang bernama Buraida, dahulu orang-orang jahiliyah ketika melahirkan bayi maka akan disembelihkan kambing dan melumuri kepala bayi dengan darah kambing tersebut.

Hal seperti itu dianggap tidak layak dalam islam. Menjijikkan dan tidak ada manfaatnya. Sehingga diganti dengan aqiqah yang dicontohkan oleh yang mulia Nabi muhammad SAW.

Apakah aqiqah yang belum dilakukan ketika kecil bisa diganti dengan qurban?

Aqiqah dan qurban keduanya merupakan ibadah yang berbeda. Tidak ada penggantian antara keduanya dan tidak harus diganti. Karena keduanya merupakan ibadah sunnah.

Ibadah sunnah ada banyak dan sifatnya pilihan. Jika tidak mampu melakukan sunnah A maka bisa melakukan sunnah B (misalnya).

Jadi jika kita sudah baligh dan orang tua belum mengaqiqahi kita, maka anggap saja mereka tidak mampu melakukan sunnah Aqiqah. Kesunnahannya telah gugur, karena anaknya sudah baligh.

Maka bisa beralih ke sunnah yang lain, misalnya qurban. Pahala dan keutamaannya memang berbeda. Namun sama-sama sunnah yang sangat dianjurkan.

===

Jika Anda ingin menyelenggarakan aqiqah praktis tanpa ribet, silakan order ke aqiqah jakarta selatan.

Leave a Reply