Kiat Bangun Pagi Dan Faedahnya

MASIH terasa susah bangun shalat Subuh? Atau tetap terasa seakan mengangkut beban bearat saat adzan Subuh bergema?

Sebetulnya bangun sebelum Subuh itu benar-benar banyak gunanya. Dari mulai siapkan diri shalat sampai kita tambah lebih dapat merapikan diri lebih baik di tiap-tiap awal paginya. Indah kan?

Shalat sunnah dua rakaat sebelum Subuh saja nilai pahalanya lebih baik dari dunia serta seisinya. Ditambah lagi, shalat Shubuhnya, berjama’ah juga. Subhanallah, insya Allah pahalanya fantastis dahsyatnya.

Aisyah Radhiyallahu Anha meriwayatkan dari Nabi, Beliau bersabda, “Dua rakaat (sebelum) fajar (shalat Subuh) lebih baik (nilainya) dari dunia serta seisinya.” (HR. Muslim serta Tirmidzi).

Asumsinya apakah, orang kaya sedunia juga, bila tdk dirikan shalat sunnah ini, nilainya tdk ada apa-apanya disamping Allah. Jadi, rugi sekali.

Nah, oleh lantaran itu latih diri kita mulai saat ini buat dapat bangun lebih awal, hingga dapat shalat sunnah Fajar sekaligus juga Shalat Subuh berjama’ah.

Pahala Shalat Shubuh

Mungkin banyak yg tahu atau semestinya sempat mendengerkan ceramah bab pahala dari shalat Subuh. Namun terlepas dari itu semua, mari kita simak saja kembali keutamaan dari shalat Shubuh dari bagian pahalanya.

“Barangsiapa yg shalat Subuh jadi ia ada dalam agunan Allah. Oleh lantaran itu jangan sempat Allah menuntut suatu pada kalian dari jaminan-Nya. Sebab siapa yg Allah menuntutnya dengan suatu dari jaminan-Nya, jadi Allah bakal akan menemukannya, serta bakal menelungkupkannya diatas parasnya dalam neraka jahannam.” (HR. Muslim).

Selanjutnya, dalam sabda yang lain di jelaskan, “Barangsiapa yg shalat isya` berjama’ah jadi seakan-akan ia udah shalat malam saat separuh malam. Serta barangsiapa yg shalat Subuh berjamaah jadi seakan-akan ia udah shalat semua malamnya.” (HR. Muslim).

Faedah Instant

Bila dari barusan keutamaanya lebih pada ‘tabungan’ akhirat kita. Saat ini marilah kita lihat faedah instant dari bangun lebih awal, yg apabila dibiasakan, insya Allah bakal menghadirkan keajaiban dalam diri kita sendiri.

Pertama, dapat menyempatkan diri buat bikin rencana (gagasan)

Sempat tidak kita pergi sekolah atau kuliah dengan hati yg kurang mood? Hampir tentunya itu sebab kita lamban bangun. Macem-macem sich penyebab, bisa sebab tidur terlampau larut, atau ada PR yg belum pula ditangani hehe.

Ke-2, minat yg tinggi

Bila kita bisa nyusun gagasan, tentunya kita bakal benar-benar minat dalam menjalankan pekerjaan khusus kita, entahlah jadi pelajar, karyawan, entrepreneur, dan seterusnya.

Ke-tiga, tetap ada waktu buat olah-raga gampang

Bila jarak kita dengan sekolah atau tempat tidaklah terlalu jauh, jadi bangun lebih awal tetap sangat mungkin kita olah-raga gampang. Seperti berjalan-jalan, ataupun lari-lari kecil. Ditambah lagi, bila yg tempat tinggalnya lumayan jauh dari masjid, tentu saja ibadahnya dibarengi olah-raga, kalau pengin jalan kaki, hehe.

Ke-4, selamat dari ketergesa-gesaan

Apabila tiga perihal diatas saja dapat kita melakukan, jadi fakta ditambah lagi yg dapat membuat kamu lakukan suatu dengan tergesa-gesa? Tidak lagi ada bukan! Jadi, bangun lebih awal bikin irama hidupmu teratur serta efisien.

Ke lima, tetap dapat membaca Al-Qur’an

Kenapa beberapa orang yg belum pula dapat terus menerus membaca Al-Qur’an? Satu pada jawaban yg ada, mungkin shalat Subuhnya ketinggal, hingga semua serba cepat-cepat.

Lha, bila udah cepat-cepat, jangankan baca Al-Qur’an, perlengkapan yg dibutuhkan serta harusnya dibawa saja dapat ketinggal.

Namun, dengan kita shalat Subuh, kita tetap miliki waktu buat membaca atau bahkan juga mengingat Al-Qur’an. Wah, indah kan!

Nah, itu beberapa dari faedah langsung kita bangun lebih awal. Jadi, jangan sempat tidak shalat Shubuh, cuma sebab tak ingin bangun lebih awal.

Ada kejadian menarik. Team Cook, CEO Apple, sering berbuat kirim e-mail kantor tiap-tiap jam 04.30. Jack Dorsey, pendiri Twitter pun selamanya mengawali harinya jam 05.30. Richard Branson, pendiri Virgin Kelompok, bangun jam 05.45. Berarti apakah, bangun awal itu yaitu awal dari kesukesan. InsyaAllah.*

Leave a Reply