Beberapa Ragam Bahan Kain untuk Kaos Polos, Sweater dan Hoodie

Kaos, sweater dan hoodie menggunakan berbagai jenis bahan yang beragam dan tidak terpacu pada satu jenis saja. Ada beberapa ragam bahan kain untuk kaos polos, sweater, dan hoodie yang biasa digunakan dan menjadi favorite masyarakat.

Anda harus mengetahui bahan dasar yang digunakan jika ingin membeli kaos polos, sweater, atau hoodie. Hal tersebut bertujuan agar atasan yang anda beli tidak mengecewakan dan sesuai keinginan.

Berikut ini ada beberapa jenis kain yang digunakan sebagai bahan baku atasan. Mari kita simak bersama.

Cotton

Image Source: tokopedia.net

Bahan jenis cotton atau katun ada dua macam yaitu Cotton Combed dan Cotton Carded. Hal tersebut berdasarkan dari spesifikasi benang yang digunakan.

Cotton combed memiliki serat benang yang lebih halus dengan hasil rajutan yang lebih rata. Cottton carded memiliki serat yang kurang halus jika dibandingkan dengan cotton combed dan hasil rajutannya kurang rata.

Kedua jenis bahan ini memiliki karakteristik yang sama jika digunakan sebagai bahan kain. Kaos polos, sweater, dan hoodie yang terbuat dari bahan ini dapat menyerap keringat dan dingin jika dipakai karena bahan bakunya adalah serat kapas.

Cotton Fleece

Cotton Fleece memiliki penampilan yang serupa dengan katun pada kaos dari sisi luar. Di bagian dalamnya berupa fleece atau bulu yang halus misalnya seperti benang wol atau kapas.

Bahan ini memiliki serat yang lebih kasar dan lebih besar dibandingkan dengan katun yang banyak digunakan untuk kaos. Oleh sebab itu bahan Cotton Fleece lebih banyak digunakan sebagai bahan untuk membuat sweater atau hoodie.

Cotton Viscose atau CVC

Ragam bahan kain untuk kaos polos, sweater, dan hoodie selanjutnya adalah Cotton Viscose. Bahan ini terdiri dari 55% Cotton Combed dan 45% Polyster.

CVC memiliki kelebihan yaitu dapat menyerap keringat dengan baik dan tidak mudah menyusut atau kendur meskipun sering dikucek dan dicuci. Oleh sebab itu banyak yang menggunakannya sebagai bahan untuk membuat kaos.

Fleece CVC

Bahan jenis Fleece memang bagus digunakan untuk membuat sweater atau hoodie karena fleece memiliki tampilan berbulu yang hangat jika digunakan. Biasanya diletakkan pada bagian dalam dari kain.

Fleece CVC memiliki kualitas di bawah PE Fleece dan Cotton Fleece karena seratnya lebih kasar jika disentuh. Namun, kain ini memiliki harga yang lebih murah dengan kualitas yang tidak jauh di bawahnya sehingga masih banyak yang menggemarinya.

Polyester atau PE

Sesuai dengan namanya, Polyester atau PE terbuat dari serat sintesis dari bahan ester. Ester sendiri merupakan hasil sampingan dari minyak bumi kemudian dibuat bahan berupa serat fiberpoly.

Kelebihan Polyester diantaranya adalah awet, tidak mudah kusut, tahan terhadap bakteri dan jamur, dan mudah kering saat dijemur. Banyak juga jasa konveksi kaos yang menggunakan Polyester sebagai bahan bakunya.

Polyester Fleece

Polyster Fleece memiliki penampilan yang mengkilap dibandingkan dengan Cotton Fleece. Hal tersebut karena bahan ini mengandung polyster atau plastik.

KainĀ  Polyster Fleece memiliki tekstur yang lebih kaku jika dibandingkan dengan Cotton Fleece sehingga banyak digunakan untuk luaran. Sweater atau Hoodie yang menggunakan bahan ini lebih terlihat elegan dan sporty sehingga cukup digemari.

Itulah beberapa ragam bahan kain untuk kaos polos, sweater, dan hoodie yang perlu kamu tahu sebelum membeli atasan. Dengan memperhatikan kekurangan dan kelebihan dari setiap bahan dapat mengurangi tingkat ketidakpuasan anda setelah membelinya.

 

Leave a Reply