Gaya Kepemimpinan George Washington

Biografi George Washington adalah kombinasi pribadi yang patut dijadikan teladan bagi setiap orang. Selain sebagai seorang pemimpin revolusi Amerika, Washington memiliki pengetahuan yang luas dalam hal bisnis, peperangan dan pemerintahan.

Sejak tahun 1775, Washington terus memberikan kobaran semangat pada rakyat Amerika untuk membangun Negara Amerika yang merdeka. Pada tahun 1789, Washington secara resmi terpilih sebagai presiden pertama Amerika oleh 55 delegasi dari 13 negara bagian.

Masa kecil Washington

Image Source: americanhistorycentral.com 

Washington merupakan putra dari pasangan Augustine dan Mary Ball Washington. Ia lahir di Popes Creek, Westmoreland, Negara bagian Virginia pada tanggal 22 Februari 1732.

Saat masih berusia 3 tahun, Washington dan keluarganya pindah menuju perkebunan Epsewasson yang kini lebih dikenal dengan sebutan Mount Vermon di dekat sungai Potomac. Setelah itu, ia memulai pendidikan formal pertamanya di Fredericksburg, sebuah sekolah anglikan.

Selain dibesarkan dari bangsawan di Virginia, dalam pendidikan formal, ia mampu memperlihatkan minatnya dalam bidang ilmu mengukur tanah, matematika, aturan-aturan tata krama dan budaya-budaya klasik. Kombinasi dari minat tersebut membuat ia tumbuh sebagai orang muda yang pandai dalam bidang seni.

Anak tertua Agustinus Washington ini memilih hidup bersama saudara tirinya bernama Lawrence setelah ayahnya meninggal, yang merupakan anak dari istri kedua bapaknya bernama Marry Ball Washington. Sosok Lawrence secara tidak langsung berperan besar dalam membangun karier Washington.

Karir Militer dan Kepemimpinan

Washington aktif berdinas kemiliteran 1753 sampai 1758. Ia ikut ambil bagian dalam perang melawan Perancis dan melawan suku Indian. Pengalaman militer yang dimiliki Washington selama berdinas sangat besar, dan mendapatkan banyak gelar penting.

Awal karir militer Washington dimulai saat ia didapuk menjadi seorang ajudan jendral yang terletak di distrik selatan, tepatnya pada Desember 1752. Setelah itu, ia menunjukan bakatnya sehingga ditarik ke distrik utara dan timur.

Pengalaman perang pertamanya yakni saat ditugaskan menghadapi Prancis pada 31 Oktober 1753. Setelah itu, ia pun mendapatkan jabatan sebagai kolonel sekaligus seorang panglima resimen di Virginia.

Pada akhir 1758, Washington berhenti dari kemiliteran dan kembali ke Virginia untuk menjalankan bisnis perkebunannya. Namun, saat menjalani bisnisnya, ia pun mulai aktif dalam dunia perpolitikan, sehingga mengantarkannya masuk dalam anggota delegasi Virginia ke kongres continental pertama tahun 1774.

Pada awal karir politik, Washington hanya seorang perwakilan biasa dari wilayah Virginia. Akan tetapi, tahun 1775 saat kongres kedua, ia dipilih sebagai komandan tentara kontinental. Dan tahun 1979, ia resmi terpilih menjadi presiden AS pertama hingga tahun 19797.

Gaya Kepemimpinan George Washington

Gaya kepemimpinan biografi George Washington patut dijadikan teladan, mengingat beliau merupakan bapak bangsa yang memiliki gaya tersendiri dalam memimpin. Ia memilik gaya kepemimpinan yang patut diilhami bagi anak muda.

Diantara gaya kepemimpinannya antara lain:

  1. Dikenal mencintai dan mempercayai anak buahnya
  2. Mengutamakan kesejahteraan para anak buahnya dibanding dirinya.
  3. Pria berkarakter teladan, hormat kepada orang lain, bertanggungjawab, dan memiliki pribadi yang mengesankan,
  4. Tidak mudah goyah dari prinsip-prinsip yang dimiliki
  5. Beriman dari tindakannya.

Wafatnya Washington

Tepat pada 14 Desember 1799, Washington menghembuskan napas terakhirnya. Penyebab kematiannya yakni diakibatkan oleh penyakit radang pada pita suara. Saat wafat, usia Washington telah menginjak tahun ke 67.

Demikianlah pembahasan mengenai biografi George Washington yang patut dijadikan contoh. Setiap tokoh tentu memiliki karakternya masing-masing dalam menjalani hidupnya. Kita patut untuk meniru teladan yang baik dari mereka.

 

 

Leave a Reply