Gunakan warna pastel

5 Desain Kamar Tidur Minimalis Untuk Anak

Menciptakan rumah dengan konsep minimalis maka anda mengaplikasikannya pada semua ruang di rumah termasuk di kamar anak. Seperti yang anda ketahui bahwa konsep minimalis menggunakan kesan simpel, unik, sederhana dan efisien. Namun tetap lembut dan juga teratur, sedangkan konsep kamar anak pada umumnya berkebalikan dengan minimalis. Warnanya cerah, penuh perabotan dan tentu saja menarik.

Namun bukan berarti kamar tidur anak anda tidak bisa disulap menjadi minimalis. Anda bisa melihat inspirasi atau desain berikut ini jika ingin membuat kamar tidur anak dengan desain minimalis.

1. Gunakan Warna Pastel

Gunakan warna pastel
roomsketcher.com

Sekarang ini desain kamar tidur minimalis tak melulu menggunakan warna monotone seperti hitam, putih dan juga abu. Apalagi jika anak anda termasuk yang ceria dan ekspresif maka warna diatas pasti ditolak mentah-mentah untuk kamar tidur mereka.

Namun anda tetap bisa menggunakan warna ini dengan cara memberikan warna pastel atau warna lembut. Jika memilih warna biru maka gunakan tipe pastelnya. Begitupun ungu, jingga dan lainnya. Padukan dengan hitam, putih atau abu untuk menandakan kamar tersebut berkonsep minimalis.

2. Perabotan Efisien

Perabotan Efisien
homedit.com

Ruang tidur anak biasanya tidak membutuhkan banyak perabotan seperti kamar tidur utama. Biasanya hanya kasur, lemari, meja belajar dan juga tambahan buffet atau pendingin ruangan. Coba gunakan perabot dengan tipe smartdesign.

Konsep ini biasanya berbentuk perabot portable keren yang bisa dilipat ketika tidak dibutuhkan. Nah anak-anak khususnya anak cowok yang menyukai kamar sederhana pasti senang dengan konsep ini. Biasanya perabotan smartdesign terbuat dari kayu dan juga besi yang mudah dilipat atau dirapihkan.

3. Padukan dengan Gambar/Tema

Padukan dengan tema
home-designing.com

Kamar anak akan lebih beragam dan juga menarik jika menggunakan tema atau gambar. Jangan takut untuk menggunakannya karena mempertahankan konsep minimalisnya. Tips jitunya adalah, anda bisa menggunakan gambar atau tema di kamar untuk menghias dinding atau menghias kasur. Namun jangan terlalu banyak agar tidak banyak.

Selain itu anda bisa menggunakan perabotan kayu yang simpel yang bisa digunakan untuk kamar anak. Usahakan untuk menggunakan ukuran yang sedang saja jangan terlalu besar apalagi jika kamar tidur sempit.

4. Isi Ruang di Sisi Saja

Isi ruang di sisi saja

Terkahir tips ampuh mewujudkan kamar tidur anak minimalis adalah dengan mengisi ruang tidur di sisi ruang saja. Maksudnya, jika selama ini kamar tidur utama ditata dengan bentuk kasur terletak di tengah dan sisinya perabotan berbeda dengan kamar anak.

Anda bisa menata perabotan seperti bentuk leter U atau leter L. Dengan begini bagian tengah kamar akan kosong dan bisa anda letakan karpet untuk tempat bermain anak. Selain terkesan luas konsep minimalis yang dibuat juga tidak akan hilang.

5. Sediakan Area Bermain

Sediakan area bermain

Terakhir konsep minimalis mengangkat tema “efisien dan sederhana” sebagai ikonnya. Jika anda bisa menyatukan antara kamar tidur dan ruang bermain anak dalam satu ruang justru lebih bagus kan ? Anda tidak perlu repot mendapatkan menyediakan ruang tambahan.

Konsep minimalis sebenarnya memiliki beberapa kriteria, namun kriteria tersebut bukan berarti tidak bisa diubah ataupun di tambahkan inovasi tertentu. Anda bisa mengubahnya menjadi konsep yang bisa diadaptasikan pada kamar anak.

Jangan takut untuk berkreasi selama tidak berlebihan dan juga sesuai dengan kondisi rumah atau luas kamar tidur anak anda. Jangan dipaksakan jika tidak sesuai karena nantinya akan merusak bentuk rumah dan justru terlihat berantakan.

Sumber: Hustopia.com

Leave a Reply