Mengenal Biografi Adam Malik, Sang Diplomat Ulung Kebanggaan Bangsa

Dimasa awal kemerdekaan, Indonesia memiliki banyak sekali tokoh-tokoh penting yang sangat berpengaruh. Salah satunya adalah Adam Malik. Biografi Adam Malik yang juga dikenal sebagai wakil presiden ketiga di Indonesia sangat menarik untuk diketahui.

Teladan yang beliau berikan dapat menjadi contoh bagi generasi muda bangsa saat ini. Untuk itu, dengan mengetahui biografi dari salah satu putra bangsa ini, setidaknya kita dapat meniru suri tauladan beliau.

Kelahiran Adam Malik

Image Source: rilis.id

Adam Malik merupakan anak ketiga dari sembilan bersaudara yang dilahirkan di Kampung Keling daerah Pematang Siantar, Sumatera Utara, 22 Juli 1917. Beliau dilahirkan dari pasangan Haji Abdul Malik dan Salamah.

Pendidikan Adam Malik

Biografi Adam Malik diisi dengan berbagai latar belakang yang inspiratif. Salah satunya dari latar belakang pendidikannya. Di masa kecil, beliau mengenyam pendidikan di HIS (Hollandsch Inlanshe Scholl) di daerah Pematang Siantar.

Beranjak remaja, beliau melanjutkan pendidikannya ke bidang agama di Sekolah Agama Madrasah Sumatera Thawalib Parabek yang berada di Bukittinggi, Sumatera Barat. Disana beliau menempuh pendidikan selama 6 bulan.

Peran dan Kontribusi Adam Malik

Pada usia 20 tahun tepatnya tahun 1937, beliau bersama teman-temannya mendirikan kantor berita pertama di Indonesia yaitu Antara yang terletak di Jalan Pinangsia 38 Jakarta. Beliau juga terlibat aktif sebagai anggota Dewan Pimpinan Gerakan Rakyat Indonesia (Gerindo).

Biografi Adam Malik juga dihiasi dengan berbagai peran penting yang pernah diemban beliau selama hidup. Yang paling terkenal adalah beliau berperan sebagai  pelopor sekaligus perwakilan Indonesia dalam pembentukan ASEAN di tahun 1967.

Kontribusi yang beliau lakukan untuk Indonesia sudah semakin meluas di luar negeri. Salah satunya adalah kiprah beliau sebagai Duta besar Luar Biasa di negara Polandia dan Uni Sovyet tahun 1959.

Adam Malik juga dikenal dengan kehebatan diplomasinya, sehingga beliau pernah berperan sebagai perwakilan  Indonesia dalam pembebasan Irian Jaya Barat tahun 1962 dengan delegasi Belanda yang diadakan di Virginia, Amerika Serikat.

Karir Adam Malik

Selama hidupnya, beliau banyak diserahi jabatan-jabatan penting yang menjadikan biografi Adam Malik semakin memukau, dan dapat menjadi pelajaran penting bagi generasi muda saat ini. Salah satunya adalah menjadi Menteri Perdagangan Indonesia dari tahun 1963-1964.

Jabatan lain yang pernah diembannya yaitu menjadi Menteri Luar Negeri selama tiga periode kepemipinan Soeharto, yaitu pada masa Kabinet Ampera II, masa Kabinet Pembangunan I, dan masa Kabinet Pembangunan II.

Selain itu, beliau juga terpilih menjadi Ketua DPR/MPR pada tahun 1977, dan selang setahun kemudian berdasarkan keputusan Sidang Umum MPR pada bulan Maret 1978, beliau menjadi wakil presiden Republik Indonesia ketiga pada masa jabatan (1978-1983).

Penghargaan yang Diperoleh

Atas berbagai prestasi gemilang, kontribusi, serta jabatan yang beliau emban selama hidupnya. Biografi Adam Malik pun dihiasi dengan berbagai penghargaan antara lain:

  1. Bintang Maha Putera kl.IV tahun 1971
  2. Bintang Adhi Perdana kl.II tahun 1973
  3. Pahlawan Nasional tahun 1988

Wafatnya Adam Malik

Setahun setelah menyelesaikan jabatannya sebagai Wakil Presiden Republik Indonesia, Adam Malik meninggal karena penyakit liver yang dideritanya. Beliau meninggal pada tanggal 5 September 1984 di Kota Bandung.

Demikianlah beberapa penjelasan singkat mengenai biografi Adam Malik. Sebagai salah satu tokoh yang memiliki peran penting bagi negara, sudah selayaknya para generasi muda meneladani kisah beliau agar bangsa Indonesia semakin maju dan berkembang.

 

Leave a Reply